Peran Pesantren dalam Implementasi Keuangan Berbasis Syariah

Published by Ponpes Anwarul Huda on

Achsan Adi Wicaksana

Achsan Adi Wicaksana, Mahasiswa Prodi Akutansi, Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Pesantren bisa dikatakan sebagai lembaga dakwah, sosial kemasyarakatan yang mana ada corak khas tersendiri dalam masyarakat Indonesia. Lembaga ini juga telah ikut serta memberikan corak nilai kehidupan kepada masyarkatnya yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Berkembangnya ilmu dan teknologi, sekolah semain bervariasi, maka di Pondok Pesantren pun bervariatif, misalnya sekolah kejuruan  dan balai latihan kerja yang disesuaikan kebutuhan zaman. Pada intinya semua profesionalisme harus dibingkai dengan karakter akhlakul karimah.

Perlu kita ketahui, pesantren juga merupakan mercusuar peradaban yang penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dalam meningkatkan pembangunan ekonomi nasional saat ini, tidak hanya dilakukan pemerintah maupun swasta saja. Sangat diperlukan  dibutuhkan peran santri dan pesantren di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa kerja sama yang dilakukan seperti program santri magang di BUMN, agar para santri juga punya pengalaman ekonomi.

Lembaga keuangan syariah kebanyakan masih pada masalah permodalan,pengembangan inovasi produk syariah, hingga kualitas SDM yang belum memadau, termasuk keterbatasan infrastruktur dalam pengembangan ekonomi syariah.

Faktor lain juga perlambatan pertumbuhan ekonomi syariah adalah adanya dominasi oleh sektor retail khususnya UMKM dan akad murabahah pada pembagian pembiayaan bank syariah, minimnya variasi pembiayaan bank syariah, dan kurang efisiennya bank syariah dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Alasan paling penting bank syariah ini kalah dari bank konvensional adalah karena sistem pada bank ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. Sistemnya menggunakan bagi hasil. Beberapa sistem lain pada bank syariah Al-Wadiah (Simpanan) yang berarti uang nasabah yang dijaga dan di kembalikan kapanpun yang di inginkan nasabah tanpa bunga. Tentu bank ini akan menjelaskan syariah Islam yang tanpa riba.

Pesantren menjadi kekuatan yang penting dalam menggerakkan perekonomian nasional. Bank Indonesia juga telah memposisikan peran penting pondok pesantren dalam pengembangan ekonomi syariah.

Pemerintah juga berusaha menjadikan Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut,pemerintah melihat bahwa pesantren memiliki peran dan potensi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat dunia ekonomi syariah.Karena, pesantren memiliki potensi yang sangat besar dalam menggerakkan ekonomi nasional secara

Bagikan:

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.