TEMPE KACANG LAY CANG

Di  Malang, Jawa Timur, terdapat pangan khas berbasis bungkil kacang tanah yang telah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai “tempe kacang”. Tidak diketahui awal mula dan sejarah produk ini dan tidak banyak referensi yang membahas dan memberikan informasi secara mendetail. Keunikan yang dimiliki tempe bungkil kacang yaitu penggunaan ragi mirip ragi tape dan pemeraman yang dilakukan dalam keadaan terbuka. Dalam produksi tempe kedelai, ragi yang digunakan merupakan ragi tempe dan pemeraman dilakukan dalam keadaan tertutup plastik atau daun pisang.

Tempe bungkil kacang tanah  khas Malang dapat dijadikan alternatif bisnis kuliner serta potensinya sebagai pangan fungsional. Beberapa potensi manfaat kesehatan yang dimiliki produk ini antara lain dapat menurunkan trigliserida, kolesterol dan LDL, serta meningkatkan HDL dalam darah.

 Bungkil kacang tanah diketahui mengandung protein sebesar 27,27 persen dengan jenis protein utama Arachin, Conarachin I dan Conarachin 2.

Sebagai upaya pengembangan jiwa wirausaha untuk para santri, maka dibentuklah unit bisnis yang bernama Lay Cang (Kedelai Kacang). Di mana unit bisnis ini memproduksi tempe bungkil serta mengolahnya menjadi makanan yang kaya akan gizi. Proses produksi hingga penjualan dilakukan langsung oleh para santri sendiri sehingga menjadi latihan nyata santri berbisnis saat di pesantren. Cita rasa yang khas membuat tempe bungkil sangat diminati oleh warga sekitar pesantren. Tempe bungkil yang diproduksi mempunyai rasa yang gurih, tidak berbau, tidak pahit, dan juga lebih putih. Selain itu juga, bahan yang digunakan juga murni tanpa adanya campuran bahan pengawet, perasa, atau pewarna sehingga sangat aman.

Tidak hanya dapat disajikan untuk digoreng atau disayur, ternyata tempe kedelai kacang juga bisa diolah menjadi keripik. Olahan keripik tempe bungkil mempunyai citarasa gurih, enak dan unik menjadikan pilihan yang sangat cocok sebagi camilan santai. Meskipun dari tempe bungkil, keripik yang diolah tidak keras, sangat renyah ketika digigit. Ketika para santri pulang menjadi pilihan utama sebagai oleh-oleh kerluarga di rumah.

Temukan kami di sosial media instagram @laycang_factory 

Bagi yang mau tau cara pembuatannya bisa melihat video tutorial di bawah.

error: Content is protected !!