ASAL USUL NADZOM AQIDATUL AWAM

Published by Ponpes Anwarul Huda on

Penulis nadzam ‘Aqidatul Awam ini adalah as sayyid Ahmad al-Marzuqy al-Maliki. Menurut riwayat sebagai mana ditulis oleh Syaikh an Nawawy dalam syarahnya yaitu kitab Nurud Dzolam, bahwa suatu malam, tepatnya yaitu pada malam pertama bulan rajab tahun 1258 H, Syaikh Marzuqy bermimpi melihat para shahabat sedang duduk-duduk mengelilingi Rasulullah SAW, kemudian Rasulullah Saw bersabda kepada Syaikh Marzuqy ; “Bacalah nadzam Tauhid yang barang siapa menghafalnya maka ia akan masuk surga dan memperoleh segala yang diinginkan dari kebaikan sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah”. Syaikh Marzuqy bertanya ; “Nadzam Tauhid apakah ya Rasulullah ?”.

Para shahabat berkomentar ;dengarkan saja Rasulullah !, kemudian Rasulullah Saw membaca ;

أَبْدَاءُ بِاسْمِ اللهِ وِالرَّحْمَنِ Syaikh Marzuqy menirukan ;

أَبْدَاءُ بِاسْمِ اللهِ وِالرَّحْمَنِ dan meneruskan meneruskan sendiri sampai nadzam terakhir yaitu ;

وَصُحُفُ الْخَلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ %   فِيْهَا كَلاَمُ الْحَكَمِ الْعَلِيْمِ

Sedangkan Rasulullah Saw mendengarkan apa yang dibaca oleh Syaikh Marzuqy tersebut. Setelah bangun dari tidurnya syaikh Marzuqy membaca nadzam itu dengan hafal mulai awal sampai akhir.

Kemudian Syaikh Marzuqy bermimipi lagi berjumpa Rasulullah Saw, yaitu pada malam Jum’at tanggal 28 Dzul Qa’dah tahun itu dan Rasulullah Saw bersabda ;”bacalah nadzam yang engkau kumpulkan”, maka Syaikh Marzuqy membaca nadzam itu mulai awal sampai akhir dihadapan Rasulullah Saw. Para shaabat yang mengelilinginya mengucapkan “Amin” setiap selesai satu bait yang dibaca Syaikh Maezuqy. Kemudian Rasulullah Saw bersabda kepada Syik Marzuqy ; “semoga Allah memberi pertolongan kepadamu untuk melaksanakan apa yang diridhai-Nya. Dan semoga Allah menerima dari engkau yang demikian itu. Kemudian Allah memberikan berkah kepadamu dan kepada orang-orang Mukmin. Dan semoga Allah Swt memberikan manfaat dengan Nadzam ini kepada para hamba-Nya. Amin!”.

Inilah nadzamnya.

Hendaknya menjadi amalan dan hafalan bagi umat Islam semuanya, khususnya para santri, anak-anak TPQ dan Madrasah Diniyah Pond Pest Anwarul Huda, dengan cita-cita masuk surga. Amin.

Malang, 23 Oktober 2011

Pengasuh PP Anwarul Huda

Bagikan:

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.