Haflatul Imtihan ke 25 Tahun 2021-2022

Published by ardan 7779 on

LOGO KHIDMAH

PROFIL PP. ANWARUL HUDA MALANG

Pesantren Anwarul Huda merupakan pesantren dengan karakteristik salafiyah (tradisional). Pondok Pesantren Anwarul Huda secara resmi berdiri pada tanggal 2 Oktober 1997. Sistem pendidikan maupun pengelolaannya mengadopsi sistem Pesantren Miftahul Huda, yang merupakan pondok induk dan cikal bakal Pondok Pesantren Anwarul Huda. Saat ini Pondok Pesantren Anwarul Huda diasuh oleh KH. Baidlowi Muslich (Ketua MUI Kota Malang).

Selain aktivitas belajar mengajar, Pondok Pesantren Anwarul Huda ada kegiatan lain yang sifatnya rutin dilakukan dan merupakan bentuk syiar, yakni Rangkaian Kegiatan Haflatul Imtihan. Kegiatan Haflatul Imtihan terdiri dari lomba-lomba islami yang mempertemukan berbagai pondok pesantren dan TPQ se-Kota Malang. Selain itu, dalam acara puncak akan dilaksanakan prosesi wisuda dari santri Madrasah Diniyah Nurul Huda Pondok Pesantren Anwarul Huda dan santri TPQ Birrul Walidain.

LATAR BELAKANG

Degradasi moral merupakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Bukan hanya dilakukan orang-orang yang mengerti diusia dewasa, tapi juga kalangan remaja— usia produktif bahkan anak-anak. Padahal, mereka adalah tulang punggung bangsa. Jika generasinya hancur, potensi masa depan bangsa akan sangat dipertaruhkan.

Dalam hal ini, orang-orang yang memiliki pengetahuan agama yang dalam harus menjadi garda terdepan sebagai contoh dan tauladan, terlebih dimasa sekarang dalam penanganan Covid-19 dengan tidak meninggalkan syiar Islam. Berlaku seimbang antara ikhtiar dan tawakkal, tetap produktif dengan prestasi pribadi yang bersifat kedekatan kepada Allah maupun sosial akademik.

DASAR PEMIKIRAN

Kegiatan ini didasarkan pada nash al-Qur’an dan hadist nabi saw. Sebagaimana dalam QS. Al-Ma’idah ayat 2 yang artinya, “Dan tolong- menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolongmenolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.”

TEMA KEGIATAN

Berdasarkan latar belakang dan dasar pemikiran yang telah dipaparkan, panitia Haflatul Imtihan ke-25 tahun 2021-2022 Pondok Pesantren Anwarul Huda mengangkat sebuah tema yakni:

KHIDMAH
“Alkhoiru Fiddiin wa Khodimil Ummah”

TUJUAN KEGIATAN

  • Mempertegas ukhuwah atau rasa persaudaraan antar sesama umat islam
  • Menjaga persaudaraan antar podok pesantren
  • Mengenalkan seni islami kepada masyarakat
  • Menjaring dan menjadi wadah pengembangan potensi dan minat santri TPQ dan santri
  • Sebagai ajang kreasi santri
  • Menjadi wadah syiar islam di tengah masyarakat

SASARAN KEGIATAN

  • Masyarakat sekitar Pondok Pesantren Anwarul Huda Dan masyarakat secara umum
  • Santri pondok pesantren seJawa Timur
  • Madin dan siswa TPQ Pondok Pesantrren Anwarul Huda

AGENDA ACARA

DAPATKAN UPDATE KEGIATAN

Instagram: https://www.instagram.com/halaqah.santri/
Twitter: https://twitter.com/halaqahsantri
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCEA_Jhzsu3y7Af6XbaYnc0g
facebook: https://www.facebook.com/halaqahsantri

Contact Person

Fatus Atho’ul Malik: 081977330906
Nasmay Lupita: 085776188738

Bagikan:

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.